Top Social

10 Bunga Paling Berbau Busuk di Dunia Beserta Gambarnya

Tuesday, May 17, 2016


10 Bunga Paling Berbau Busuk di Dunia Beserta Gambarnya
10 Bunga Paling Berbau Busuk di Dunia Beserta Gambarnya



Berbentuk cantik dan menjadi simbol perasaan tertentu,itulah mungkin biasanya yang terlintas dibenak kita jika kita berbicara mengenai bunga.Namun bagaimana jika kita membayangkan bunga cantik dan unik mempunyai bau busuk yang menyengat,bunga tersebut mungkin bunga yang langka ataupun bahkan bunga yang hidup di lingkungan sekitar kita.

Mungkin sebagian dari  kita hanya mengenal  Raflesia Arnoldi sebagai bunga bangkai raksasa yang mempunyai bau busuk yang menyengat. Bunga raksasa yang menjadi tanaman langka Bengkulu Sumatera ini memang terkenal  akan ciri khasnya yang besar  ketika mekar yang disertai bau busuk yang menyengat yang menyertainya.

Namun selain Raflesia Arnoldi ternyata ada beberapa bunga berbau busuk di dunia yang patut anda ketahui.

Berikut 10 Bunga busuk di dunia beserta gambarnya yang dirangkum dari berbagai sumber :

1.         Western Skunk Cabbage (Lysichiton Americanus)


Western Skunk Cabbage (Lysichiton Americanus)


Bunga yang hidup di daerah rawa dan hutan basah ini banyak hidup di dataran benua amerika dan sebagian di wilayah benua biru eropa.memiliki bau khas yang menyengat yang sebagian menyebut sebagai bau “shunky” yang khas dan memberikan efek bau dan ketidaknyamanan ketika  kita menciumnya.
Western Skunk Cabbage (Lysichiton Americanus)

Bunga tersebut mengeluarkan baunya tersebut ketika mekar yang biasanya terjadi pada saat akhir musim dingin dan awal musim semi untuk menarik perhatian lalat dan beberapa jenis kumbang sebagai perangkap.
Yang unik dari bunga busuk ini adalah ada beberapa orang yang membudidayakannya sebagai tanaman hias,sebagai obat luka bakar dan pembengkakan,bahkan ada yang mengkonsumsinya sebagai makanan.

 Namun jika dikonsumsi berlebihan akan memberikan efek yang fatal,mengingat bunga ini mengandung Kalsium Oksalat Kristal,yaitu kristal kecil yang mampu menusuk bagian-bagian tubuh yang berhubungan dengan sistem pencernaan dan bagian tubuh lainnya.

2.       Carrion Flower (Stapelia Gigantea)

 Carrion Flower (Stapelia Gigantea)

Bunga yang termasuk keluarga  Apocynaceae ini menjadi bunga Khas yang berasal dari wilayah Afrika Timur.Bunga yang mendapat julukan bangkai tanaman ini mampu tumbuh dengan lebar sekitar 20 cm dengan bentuk menyerupai bintang dan disertai bulu-bulu halus putih yang mengelilingi kelopak bunga dengan warna kekuningan dan merah yang berbentuk keriput.
 Carrion Flower (Stapelia Gigantea)

Bunga Carrion Flower ini biasanya hidup di tempat yang mempunyai temparatur panas,pantas saja bunga ini bisa hidup di  benua Afrika.

Sama seperti bungan berbau busuk lainnya,efek bau yang dikeluarkan untuk mengundang lalat untuk proses penyerbukan.

3.       Stinking Root Parasite (Hydnora Africana)

Stinking Root Parasite (Hydnora Africana)


Bunga asli afrika yang menjadi Parasit bagi tanaman lain ini mempunyai keunikan tersendiri,dimana mempunyai buah yang terletak di bawah tanah sebagai sumber makanan bagi hewan sekitar seperti burung,landak,dan binatang lainnya.

Dalam proses kelangsungan hidupnya bunga ini mengambil nutrisi dari tanaman lain dengan cara menyebarkan akar-akarnya dan mengambil sari makanan dari tanaman inangnya karena bunga ini tidak bisa berfotosintesis.

Termasuk Kingdom Plantae,bunga ini memancarkan bau busuk yang menyengat yang dihasilkan oleh Osmophores,yang merupakan bagian dalam daging yang terdapat di bunga ini yang berguna untuk menarik lalat dan serangga lainnya agar bisa membantu proses penyerbukan bunga dan benih.
Stinking Root Parasite (Hydnora Africana)


4.       Dead HorsEastern Skunk Cabbage (Symplocarpus foetidus)

Dead HorsEastern Skunk Cabbage (Symplocarpus foetidus)


Hidup di lahan basah di benua Amerika membuat bunga ini masuk ke dalam jajaran bunga busuk di dunia.Bunga ini mengeluarkan busuk selain menarik serangga,juga sebagai pertahanan diri dari binatang buas yang mengancam kehidupan mereka.

Ada sebuah studi yang meneliti bahwa bunga Symplocarpus foetidus bisa hidup di tanah es,adapun panas yang dihasilkan dari bunga ini untuk menstabilkan suhu.Selain itu,bunga ini menjadi salah satu obat gangguan persyarfan,gangguan pernapasan,dan lainnya.
Dead HorsEastern Skunk Cabbage (Symplocarpus foetidus)



Uniknya lagi,bunga bangkai ini jika disentuh tidak akan beracun,namun jangan coba-coba merusak dan mengeluarkan getah dari daun dan akarnya karena dapat menyebabkan keracunan.Namun jika dikeringkan bisa menjadi tambahan bumbu atau pelengkap sup,tentunya dengan resep yang benar oleh ahlinya.

5.       Rafflesia Arnoldi

Rafflesia Arnoldi


Masih belum mengenal bunga ini? Bunga yang ditemukan hidup di negara kita,Indonesia ini sudah banyak informasi mengenai bunga bangkai ini .

Bunga yang termasuk Ordo Malpighiales dan termasuk Famili Rafflesiaceae ini termasuk bunga raksasa yang hidup di dunia ini.

Adapun masa mekar bunga ini terjadi hanya pada periode periode tertentu pada siklus tanamannya.
Untuk dapat melihat bunga ini kita bisa melihatnya di kebun besar atau tempat teretentu,seperti Kebun botani Bogor Indonesia salah satunya.

6.       Dracunculus vulgaris
Dracunculus vulgaris

Dracunculus vulgaris



Bunga khas dari negeri Yunani dan sekitarnya ini mempunyai beberapa sebutan diantaranya Bunga Lily bau,Bunga Lily Vodoo dan lainnya mempunyai bau busuk yang menyengat seperti daging busuk .
Berbentuk seperti bunga hutan lainnya,bunga ini bisa hidup di kawasan hutan yang mempunyai sinar matahari penuh atau sedikit.

Bunga berbau yang termasuk Keluarga Araceae ini juga sudah diperkenalkan ke beberapa negara diantaranya,Amerika serikat,Kanada,dan beberapa negara eropa utara lainnya.

7.       Bulbophyllum phalaenopsis

 Bulbophyllum phalaenopsis


Mungkin kita mengenal anggrek sebagai bunga yang harum dan cantik serta sedap dipandang mata,namun untuk jenis anggrek ini sangat berbeda.

Bunga anggrek yang termasuk subfamily epidendroideae dan mempunyai biji Monokotil ini mempunyai bau busuk yang menyengat untuk menarik lalat yang berguna untuk proses penyerbukan.
 Bulbophyllum phalaenopsis

Sekilas bentuknya yang berwarna merah yang disertai rambut rambut halus yang mengelilinginya mampu menipu mata.
Apakah anda berminat memelihara anggrek jenis ini di sekitar rumah anda?


8.       Titan Arum, corpse flower
  Titan Arum, corpse flower


Bunga yang mendapat julukan bunga bangkai ini hidup di indonesia dan sebagian wilayah Asia tenggara.
Bunga ini bisa tumbuh tinggi mencapai sekitar 3 Meter yang terdiri dari gagang dan kelopaknya yang menjuntai lebar dan panjang membuat kokoh bentuknya.

Untuk mekar pertama kalinya jika berasal dari budidaya bisa memakan waktu sekitar  tujuh sampai sepuluh tahun. Waktu pemekaran biasanya sore dan malam hari dan beratahan sekitar 12-48 jam saja.
Adapun siklus hidupnya setelah bunga mati,maka akarnya akan menjadi tunas tanaman bunga baru.

9.       Jack the pulpit
  Jack the pulpit

Berbentuk menyerupai kantung dan melengkung disertai rambut halus ini menjadi ciri khas bunga yang satu ini sebagai bentuk perhatian dan jebakan bagi hewan tertentu,bunga yang membutuhkan serangga sebagai pembantu penyerbukannya ini mempunyai bau busuk yang cukup menyengat.
  Jack the pulpit

Namun yang perlu di waspadai adalah jangan menyentuh sembarangan bagian bunga ini karena bisa menyebabkan alergi dan sengatan.

10.     Star Flower (Bunga Bintang)

 Star Flower (Bunga Bintang)


               Sekilas melihat bunga ini seperti bunga rumahan yang biasa hidup di sekitar lingkungan tempat tinggal kita,namun anda akan terkejut ketika mencium aroma yang dikeluarkan bunga yang satu ini.Adapun lapisan-lapisan yang berbau busuk kecil menjadi tempat favorit bagi serangga menyimpan telur-telur mereka.

“Jangan tertipu dengan bentuk yang cantik dan unik namun ternyata berbau busuk aslinya,begitupun sebaliknya jangan tertipu dengan sesuatu yang berbau busuk,namun ternyata bentuknya indah dan sedap dipandang mata”

Demikian 10 Bunga Berbau Busuk di Dunia Beserta Gambarnya semoga menjadi informasi yang bermanfaat untuk kita semua.

 Intinya meskipun bunga-bunga tersebut mempunyai busuk yang menyengat,Namun pastinya ada tujuan tertentu dari Sang Maha Kuasa untuk diciptakan.

Silahkan Share Jika Bermanfaat.





Post Comment
Post a Comment